Rabu, 23 Januari 2013

ORANG YANG MUFLIS / BANGKRUT



Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah s.a.w bersabda :
“Tahukah kamu, siapakah gerangan orang yang muflis/bangkrut itu?” Lalu jawab sahabat: “Pada pandangan kami, orang yang muflis itu ialah mereka yang tidak mempunyai uang dan harta.”

Lantas Baginda s.a.w bersabda: “Sesungguhnya orang yang muflis /bangkrut di kalangan umatku ialah mereka yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala sembahyang, puasa dan zakat. Dia juga (dalam masa yang sama) datang dengan membawa dosa menghina, menyakiti orang, memakan harta orang lain, menumpahkan darah (membunuh), dan memukul orang. Lalu diberi segala kebajikan itu kepadanya dan ini adalah kebajikan-kebajikannya. Maka jika telah habis pahala kebajikannya sebelum dapat dibayar kepada orang yang menuntutnya (orang yang dihina, disakiti dan dizaliminya ketika di dunia dulu), maka dosa-dosanya itu akan dilemparkan kepadanya, lalu dia kemudiannya dicampakkan ke dalam api neraka.” (Hadith Riwayat Muslim)

Rasulullah s.a.w bersabda: “Sesiapa yang memiliki kesalahan dengan saudaranya maka hendaklah diselesaikan sekarang, karena sesungguhnya di sana (di akhirat) tiada lagi harta untuk membayar , (yang ada hanyalah) diambil hasanah (kebaikan) yang ada padanya, kalau dia tidak mempunyai kebaikan, diambil keburukan orang itu lalu diletakkan ke atasnya.” (Hadith Riwayat Bukhari)

Oleh karenanya , Marilah kita saling memaafkan, membuka pintu maaf dan memohon maaf kepada orang -orang yang pernah kita sakiti, aniayai, hina dan pelbagai perbuatan buruk yang pernah dilakukan. Dengan akhlak yang mulia dan sifat pemaaf , niscaya akan membukakan pintu ampunan, rahmat dan kemuliaan dari Allah SWT untuk kita.

” …..dan hendaklah mereka mema’afkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang ” (QS. An Nuur [24] ; 22)

“ Allah tidak akan menambah pemberian maaf seseorang, melainkan dengan kemuliaan, dan tidaklah seseorang merendahkan dirinya karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatnya.” (Hadits riyawat Bukhari dan Muslim)

Semoga bermanfaat ..

*friska fiyana :)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar