Minggu, 30 Desember 2012

~※~Kecemburuan Bagian Dari Akhlaq ~※~


Bismillahirrahmanirrahiim..
Assallamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

~※::~.::※::※::~::※~

Sahabat saudaraku fillah yang di Rahmati oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.Kata cemburu mungkin tidak asing lagi bagi kita,karena cemburu bisa menjadi perekat cinta kasih rumah tangga,cemburu juga bisa meningkatkan reaksi dalam mencegah kemungkaran.

Maka tidak heran orang bijak mengatakan’Bahwa Kecemburuan merupakan bagian dari Cinta,Tanpa ada kecemburuan,maka Cintanya pantas dipertanyakan”.Pada dasarnya sifat kecemburuan adalah bagian, yang tidak dapat dipisahkan dengan Akhlaq seorang mukmin.

“Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu,Bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda : “Sesungguhnya ALLAH Pecemburu, dan seorang Mukmin pun pecemburu. Adapun kecemburuan ALLAH itu akan bangkit,bila ada seorang hamba melakukan sesuatu perbuatan yang di haramkan_Nya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadits diatas dapat kita pahami bahwa’kecemburuan Allah Subhanahu wa Ta’ala,merupakan bukti bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala mencintai hamba-hamba-Nya,dan tidak menghendaki hamba-hamba-Nya celaka,tetapi justru menghendaki mereka itu mendapatkan keselamatan di dunia dan di akhirat.

Seorang mukmin pun pencemburu,cemburu demi tegaknya kebenaran dan ketaatan,adalah merupalan dasar tegaknya amar ma’ruf nahi mungkar, bila tidak ada kecemburuan dalam hati setiap orang yang beriman,

Tentunya tidak ada reaksi dan motivasi untuk mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran, dan bila membiarkan kemaksiatan merajalela tanpa dicegah,maka Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menurunkan siksa secara merata.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda : “Tidaklah suatu kaum itu melakukan kemasiatan-kemaksiatan di kalangan mereka,dan terdapat orang yang mampu Mencegahnya dari mereka,tetapi ia tidak melakukannya,maka ALLAH akan meratakan siksa dari-Nya kepada mereka.”(HR.At Tirmidzi).

Umat islam adalah umat terbaik, dan pilihan yang dilahirkan untuk seluruh umat manusia,tentunya sifat cemburu ini seyogiyanya dimiliki oleh setiap Muslim,agar bersemangat dalam melaksanakan amar ma’ruf, dan mencegah dari segala bentuk kemungkaran.

Allah Subhanahu wa Ta’ala Berfirman :“Kalian (Umat Islam), adalah Umat Terbaik yang dilahirkan untuk manusia,Melaksanakan Amar Ma’ruf dan Mencegah dari yang Mungkar,dan Beriman kepada ALLAH”. (QS. Ali Imran : 110 ).

Oleh karena sejatinya seorang Muslim itu, tidak hanya menyimpan keshalehannya sendiri saja, tetapi justru harus didistribusikan keshalehan dan kebaikan,kepada siapa saja tanpa melihat perbedaan suku,bangsa,warna kulit,status sosial dan lain sebagainya.

※Mudah-mudahan untaian sederhana diatas manfaat buat kita semua,sebagai Renungan.Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala Senantiasa menunjukkan pada kita sesuatu yang di Ridhai dan di Cintai-NYA....Aamiin Allahuma Aamiin.

※Silakan di Tag/Share….Semua untuk Umat dan Syiar Islam, Bantu Tag sahabat-sahabat yang lain, Jazzakumullahu khayran wa Barakallahu fiikum.

~※~SaLam Santun Erat SiLaturrahim & Ukhuwah Fillah~※~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar