Jumat, 28 Desember 2012

... KEHIDUPAN WANITA SHOLEHAH ...


''Wanita Adalah hiasan surga''. Adanya sebuah kalimat tersebut bisa ditafsirkan wanita adalah seorang manusia yang diciptakan oleh Allah sebagai bentuk yang sempurna dan merupakan makhluk special yang Allah ciptakan. Sebagaimana Rasulullah Shallahu Alaihi Wa Sallam yang bersabda tentang begitu spesialnya wanita terutama wanita sholeha “Sesungguhnya dunia seluruhnya adalah benda (perhiasan) dan sebaik-baik benda (perhiasan) adalah wanita (isteri) yang sholehah. (HR. Muslim)”.

Apalagi wanita yang berjalan dijalan Allah yang selalu menghadap ke kiblat diwaktu orang lain berlayar dipulai kapas atau tertidur lelap di waktu malam. Dia selalu bersujud kepada Allah, menangisi segala dosa-dosanya dan bertaubat atas segala kekhilafan yang dilakukannya dengan sengaja maupun tidak sengaja. Sebagaimana yang Allah firmankan dalam Al-Qur’anul Karim

''Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyuk.”(Qs. Al-Isra’ (17): 109).

Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.(Qs. Maryam (19):58).

“Maka hendaklah mereka tertawa sedikit dan menangis menangis ”(Qs. At-Taubah (9):82)

“Telah dekat terjadinya hari kiamat. Tidak ada yang akan menyatakan terjadinya hari itu selain Allah. Maka apakah kamu merasa heran terhadap pemberitaan ini?. Dan kamu mentertawakan dan tidak menangis? .Sedang kamu melengahkan (nya). Maka bersujudlah kepada Allah dan sembahlah (Dia).?.”(Qs.An -Najm (53):57-62).

Rasulullah juga bersabda “Dua mata yang diharamkan dari api neraka, yaitu mata yang menangis karena takut kepada Allah”(HR. Bukhari).

Disini saya mempunyai tafsiran tentang dasar wanita sebagai manusia yang sholehah diantara lain:

1. Lindungilah karunia Allah berupa keindahan yang ada pada dirimu dengan iman yang benar

2. Pondasilah dirimu dengan keimanan kepada Allah Subhanahu Wa Ta Ala yang kuat

3. Melindungi segala apa yang menimbulkan nafsu kaum adam dengan menutup aurat

4. Berbusana muslim dan berkerudung yang sesuai dengan syariát islam.

Dari poin-poin penafsiran diatas tidak bisa dipungkiri kalau wanita jangan sekali-kali menghindardasan g Maha Penguasa Alam. Dzat yang paling sempurna yaitu Allah Subhanahu Wa Ta Ala. Karena pada dasarnya wanita adalah kunci surga,jadi tanamkan dalam diri anda prinsip kehidupan wanita sholeha yang disukai dan dicintai oleh Allah.

Oleh karena itu lakukanlah hal-hal yang disukai oleh Allah dengan manjalankan perintah-Nya sebagai berikut :

1. Menutup Aurat yang sesuai dengan syariát islam (Memakai pakaian yang tertutup dan berjilbab serta berkerudung)

2. Melakukan hal positif yang bermanfaat yaitu Amalan Sholeh baik untuk diri sendiri,untuk orang lain serta untuk Allah Swt

3. Melakukan perintah Allah dengan ikhlas dan penuh kecintaan

4. Menanamkan dan membiasakan kegiatan yang bisa membantu orang yang lemah.

Perlu ditanamkan pada diri pribadi jiwa yang suci dan sifat mencintai diri sendiri dan juga Allah serta Rasulullah dengan cara-cara yang sudah saya jabarkan diatas. Pondasilah keimanan diri anda dengan keimanan yang lebih banyak, karena wanita itu pada umumnya banyak sekali godaan dan fitnah terutama syetan yang memanfaatkan kaum adam untuk melakukan kemaksiatan dengan hal yang paling di benci oleh Allah. Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah “Tiada aku meninggalkan suatu fitnah sesudahku lebih berbahaya terhadap kaum pria daripada godaan wanita. (HR. Bukhari dan Muslim)”

Disini saya dan para pembaca semuanya tidak bisa dipungkiri pasti pernah melakukan kesalahan ataupun kekhilafan meskipun disengaja maupun tidak disengaja karena kita manusia biasa,tidak seperti malaikat ataupun Nabi Allah yang Makshum (terjaga dari kesalahan ) yang menjadi pedoman untuk kita semua.

Berikut ini adalah Prinsip Dasar Wanita Sholehah :

1. Memperdalam keimanan kepada Allah Subhanahu Wa Ta Ala

2. Memperdalam keimanan kepada Rasul Allah yaitu Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wa Sallam

3. Memperdalam keimanan kepada Malaikat Allah Subhanahu Wa Ta'ala

4. Memperdalam keimanan kepada Kitab-kitab Allah yaitu Al-Quránul Karim

5. Memperdalam keimanan kepada Qodho dan Qodhar serta hari akhir (kiamat) dengan pemahaman yang benar.

Semoga apa yang saya sampaikan kepada pembaca bermanfaat untuk semuanya. Aamiin . Terutama kaum wanita lebih meningkatkan potensi dan berlomba-lomba mempertebal keimanan yang kukuh dan tidak goyah oleh godaan syetan.

Maka berlomba-lombal ah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.(Qs.Al- Baqarah (2):148).

Salam santun ukhuwah penuh cinta...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar